Jenis, Ukuran dan Harga Triplek Multiplek

Jenis, Ukuran dan Harga Triplek Multiplek

Salah satu material bangunan yang memiliki fungsi cukup besar dalam konstruksi bangunan adalah Triplek.

Material berbentuk papan yang terbuat dari bahan kayu ini memiliki banyak sekali peran penting didalam pembuatan rumah maupun bangunan lainnya.

Jika kita lihat dipasaran, ada berbagai macam varian triplek dengan berbagai jenis dan ukuran. Setiap triplek tentunya memiliki ukuran dan harga triplek yang bervariatif.

Umumnya, ukuran triplek standar buatan Indonesia adalah 2440×1120 mm atau 96 x 48 inci (8 x 4 kaki). Untuk membantu anda dalam mencari informasi seputar material triplek ini, berikut kami ulas daftar varian jenis triplek yang wajib anda ketahui :

ukuran triplek

Jenis Jenis Triplek

Triplek SoftWood

Digunakan terutama untuk keperluan konstruksi dan industri, kayu lapis kayu lunak biasanya terbuat dari kayu cedar atau kombinasi cemara, pinus dan cemara (kayu lapis SPF).

Jenis kayu lapis ini, tergantung pada ketebalannya (dan oleh karena itu jumlah lapisannya), dapat digunakan untuk segala hal mulai dari atap hingga lantai.

Triplek Hardwood

Digunakan terutama untuk pembuatan kabinet dan furnitur, kayu lapis keras diproduksi dengan cara yang sama seperti kayu lapis kayu lunak, tetapi memiliki lapisan tambahan dalam dan luar kayu keras seperti abu, oak, birch, maple, dan bahkan mahoni.

Selain untuk keperluan pembuatan furnitur, kayu lapis keras sering ditemukan di peralatan olahraga, alat musik, dan bahkan peti pengepakan – dengan kata lain, kayu lapis keras sangat cocok untuk segala sesuatu yang membutuhkan rangka kuat dan/atau ketahanan benturan tinggi.

Triplek Kabinet

Kayu lapis kabinet pada dasarnya sama dengan kayu lapis kayu keras. Biasanya, ketika Anda melihat sesuatu yang ditandai sebagai kayu lapis kabinet, itu adalah kayu lapis kayu keras abu atau birch.

Triplek Tropis

Terbuat dari kayu tropis, kayu lapis tropis hadir dengan kerapatan, kekuatan, kerataan lapisan, dan (jelas) kualitas yang unggul dibandingkan dengan kayu lapis kayu lunak, dan banyak digunakan di AS, Inggris, dan banyak negara Asia.

Sisi negatifnya, produksi kayu lapis tropis bertanggung jawab atas/sebagian dari deforestasi skala besar di banyak wilayah di Filipina, Malaysia, dan Indonesia, dan Anda mungkin ingin mempertimbangkan fakta ini sebelum memilih jenis kayu lapis ini.

Triplek Pesawat

Kayu lapis pesawat juga dikenal sebagai kayu lapis berkekuatan tinggi, dan sungguh, itu memberi tahu Anda semua yang perlu Anda ketahui.

Terbuat dari kayu mahoni, cemara, dan birch, jenis kayu lapis ini direkatkan dengan perekat yang meningkatkan ketahanan terhadap panas dan kelembapan.

Dan jika Anda penasaran mengapa disebut kayu lapis pesawat, jawabannya sederhana saja: kayu lapis jenis ini banyak digunakan dalam konstruksi pesawat terbang layang dan pesawat tempur pada Perang Dunia II. Kayu lapis terutama digunakan untuk permukaan sayap, tetapi bagian datar lainnya seperti sekat juga dibuat darinya.

Triplek Melamin

Jenis kayu lapis ini biasanya berhadapan dengan kayu keras seperti red oak, rosewood, atau jati, dan karena itu digunakan terutama untuk proyek yang membutuhkan bagian depan dekoratif.

Triplek Teakwood

Seperti namanya, kayu lapis fleksibel sangat lentur dan terutama digunakan untuk bagian melengkung dalam konstruksi furnitur.

Untuk memberi Anda sedikit pengetahuan tambahan, kayu lapis fleksibel biasanya terbuat dari lapisan tengah berbutir silang dan dua tang panjang atau berbutir silang yang lebih tebal di setiap sisinya. Selain itu, veneer kayu dekoratif seringkali ditambahkan sebagai lapisan permukaan.

Jika Anda kebetulan menemukan istilah “hatters ply”, ini adalah cara lain untuk merujuk kayu lapis fleksibel modern, dan berasal dari Inggris. Di zaman Victoria, lembaran veneer tunggal digunakan untuk membuat topi pipa kompor, dan istilah sehari-hari untuk bahan fleksibel ini telah mewakili lembaran kayu fleksibel, dan jenis kayu lapis tertentu ini khususnya dalam penggunaan kontemporer.

Triplek Kapal

Diproduksi dari kayu keras tropis yang terkenal tahan lama dalam kondisi lembab dan basah dan tahan terhadap ancaman infeksi dan pertumbuhan jamur. Oleh karena itu, sangat cocok untuk digunakan di kamar mandi, di teras, atau jika Anda membuat perahu di ruang bawah tanah Anda.

Dengan sifat-sifat ini, jelas dari mana nama itu berasal. Mungkin tidak ada kayu lapis yang lebih baik untuk digunakan di kapal atau umumnya di lingkungan yang terkena kondisi lembab dalam jangka waktu yang lama.

Dan bagaimana Anda tahu kayu lapis yang Anda inginkan dari jenis laut? Nah, ada beberapa standar internasional untuk kayu lapis laut, tetapi kebanyakan bersifat sukarela. Jika Anda ingin amannya, carilah kayu lapis yang dinilai sesuai dengan British Standard BS 1088, dan/atau waspadai kayu lapis dengan cap sertifikat oleh Lloyd’s of London (ya, itu yang terkenal perusahaan asuransi laut).

Triplek Multiplex

Triplek jenis ini juga dikenal sebagai “Birch Rusia”, dan diproduksi di daerah sekitar Laut Baltik.

Birch Baltik awalnya diproduksi untuk pembuat kabinet Eropa, tetapi telah menemukan jalannya ke pasar AS sejak saat itu.

Perbedaan utama antara jenis kayu lapis yang lebih umum dan Baltic Ply adalah jumlah lapisan – Baltic Plywood memiliki hingga 13 lapisan individu. Fakta yang membuatnya sangat populer untuk sisi laci dan peralatan dengan tepi bullnose yang tidak memungkinkan tepian kayu solid.

Triplek ApplePly

Sama seperti Baltic Birch, ApplePly terkenal karena, dan dicirikan oleh jumlah lapisan yang lebih banyak daripada kayu lapis lunak atau kayu keras standar.

Terbuat dari lapisan alder dan birch yang seragam dan dengan jumlah laminasi yang tinggi, ApplePly kuat dan ringan, dan merupakan pilihan yang lebih disukai untuk furnitur dan lemari. Selain itu, mesin ApplePly sangat baik tanpa bahaya sobek dan kabur.

Triplek Partikel Board

Terbuat dari serbuk gergaji, serutan dan potongan kayu kecil, papan partikel biasanya digunakan di bawah laminasi di atas meja dan untuk rak.

Di banyak furnitur (murah), papan partikel digunakan di bawah lembaran kayu solid yang dipangkas, untuk menjaga biaya tetap rendah.

Dari segi harga, papan partikel adalah solusi yang paling ekonomis, tetapi pada saat yang sama mereka adalah yang terlemah dari semua barang lembaran.

Triplek MDF

Berbeda dengan papan partikel, Medium Density Fibreboards terbuat dari serat kayu individual, dan tidak memiliki serbuk gergaji atau serpihan kayu di dalamnya.

Hal ini membuat permukaan MDF sangat rata (bahkan lebih rata daripada kayu lapis kayu lunak biasa), dan dengan demikian menjadikan MDF pilihan yang sempurna sebagai alas untuk apa pun yang akan dicat atau dilapisi dengan lapisan vinil.

Harap dicatat bahwa meskipun Medium Density Fibreboard lebih kuat dari papan partikel, masih kurang kuat dari kayu lapis asli. Ini juga lebih berat daripada hampir semua jenis lembaran/papan kayu lainnya.

Selanjutnya akan kami paparkan informasi daftar harga triplek terbaru 2021 sesuai dengan refrensi yang dilansir oleh situs hargabangunan.id. Berikut silahkan anda simak ulasan daftar harganya :

Harga Triplek Multiplek

Varian Triplek
Triplek Kilap kcRp 72.000
Triplek Dop kcRp 76.000
Triplek Kilap lumba-lumbaRp 62.000
Triplek Dop (Hitam)Rp 80.000
Triplek Kilap (Hitam)Rp 80.000
Triplek Kilap (Biru)Rp 80.000
Triplek Kilap (Abu-Abu)Rp 80.000
Triplek MDFRp 60.000
Sumber : https://hargabangunan.id/ukuran-dan-harga-triplek/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top