Besi Siku vs Besi WF – Manakah yang Lebih Unggul?

Besi Siku vs Besi WF – Manakah yang Lebih Unggul?

Apa itu Besi Siku ?

Besi siku memang sering digunakan untuk berbagai macam kepentingan. Selain untuk konstruksi bangunan jenis besi ini dapat diaplikasikan pada beberapa perlengkapan rumah termasuk rak etalase, rak dinding, kursi, meja dan sebagainya. Salah satu kelebihan menggunakan besi siku terletak pada kekuatan material, berikut ini ulasan lengkap tentang keunggulan besi siku yang kami rangkum dari salah satu sumber website bahan bangunan terbaik.

Kelebihan dan Keunggulan Besi Siku

  1. Harganya murah

Alasan utama kenapa banyak orang yang menggunakan besi ini karena harga besi siku bisa dikatakan cukup murah. Jika kita bandingkan dengan kayu yang berkualitas tentu terpaut sangat jauh. Menggunakan besi siku sudah jelas lebih menghemat biaya apalagi banyak sekali jenis bisa siku yang bisa kita pilih dengan harga ekonomis.

  1. Proses pengerjaan mudah dan cepat

Petimbangan dalam menggunakan besi siku salah satunya karena proses pengerjaan yang cepat dan mudah. Contohnya seperti pembuatan rangka kanopi dari besi siku, anda hanya perlu merancang desain lalu melakukan pemotongan untuk menyesuaikan dengan ukuran. Setelah itu melakukan penyambungan dengan memakai baut dan mur.

Anda bisa juga memilih teknik pengelasan, prosesnya bisa sangat singkat karena dari tahap awal tidak susah dikerjakan. Memang untuk melakukannya dibutuhkan ketelitian dalam pengerjaan. Bagi seorang pemula bisa memakai besi siku untuk membuat kerangka kanopi, anda tinggal mencari referensi contoh desain kanopi.

  1. Lebih kuat dan awet

Karena terbuat dari bahan besi tentunya besi siku memiliki kekuatan yang dapat diandalkan. Ketebalan besi siku sendiri juga bervariasi yang dibuat untuk menyesuaikan dengan segala macam kebutuhan. Dari pada kayu tentu besi siku lebih unggul, material ini tidak mudah karat ataupun keropos akibat serangan rayap.

Kelebihan menggunakan besi siku yang lainnya yaitu tahan dengan panas matahari ataupun air hujan. Tidak heran jika jenis besi ini sering dipakai untuk pembuatan pagar. Supaya lebih optimal ketika besi siku dijadikan sebagai pagar anda perlu melapisinya dengan cat anti karat.

  1. Multifungsi dan bisa didaur ulang

Keunggulan besi siku yang tidak kalah pentingnya yaitu sebagai material multifungsi. Dapat digunakan untuk berbagai macam kepentingan seperti membuat tangga, kanopi, rak etalase, rak dinding dan pagar hunian. Besi siku juga bisa didaur ulang sehingga tidak terbuang percuma.

Apa itu Besi WF

Wide Flange adalah jenis balok baja yang digunakan dalam konstruksi dan industri struktural. Ini memiliki bentuk yang menyerupai huruf H. Nucor Skyline memasok bagian flensa lebar yang dihasilkan dari baja daur ulang menggunakan teknologi tungku busur listrik bersih.

Model model besi WF bermacam macam, termasuk namun besi WF dengan dimensi quench A913 dan baja temper. Grade ini memungkinkan para pelaku konstruksi untuk mencapai kekuatan luluh yang tinggi, hingga 70 ksi, dengan tetap menjaga kemudahan pengelasan di lapangan.

Aplikasi dan Penggunaan Besi WF

Pekerjaan dukungan palsu atau sementara. Balok penyangga digunakan untuk menahan tanah saat konstruksi sedang berlangsung untuk membangun dinding, jembatan, dll.
Fondasi Struktural. Balok digunakan sebagai bagian dari struktur akhir yang sedang dibangun untuk menopang dan menstabilkan struktur. Struktur ini bisa berupa jembatan, gedung, taman, dll.

Retensi Dinding. Balok Flange Lebar digunakan sebagai elemen penstabil di dinding untuk retensi bumi, penghalang suara di sepanjang jalan raya, dinding di dalam ruang bawah tanah atau struktur bawah tanah.

Perbedaan antara Wide Flange Beams dan I Beams

Balok sayap lebar dan balok I tradisional serupa, tetapi bentuknya berbeda. Balok sayap lebar, menyerupai huruf H pada sisinya, memiliki sayap yang lebih lebar dari balok I, yang bentuknya lebih seperti huruf kapital I.

Balok baja flensa lebar adalah produk struktural yang terbuat dari baja canai. Dikenal karena kekokohan dan kemampuannya menahan bangunan besar dan berat, balok flensa lebar lebih disukai dalam proyek konstruksi.

Desain H memungkinkan pemerataan berat tanpa mempengaruhi sifat struktural. Ini biasanya digunakan sebagai unit pendukung horizontal (disebut waler) dengan tumpukan lembaran atau dinding penahan tiang tentara dengan sistem penahan. Ini juga dapat digunakan sebagai penyangga vertikal untuk menahan sisipan sheet pile untuk menghasilkan dinding kombinasi (combi-wall).

Dinding secant pile dibentuk dengan membangun tiang pancang beton bertulang berpotongan. Tumpukan garis potong diperkuat dengan tulangan baja atau dengan balok baja dan dibangun dengan pengeboran di bawah lumpur atau augering. Tiang pancang primer dipasang terlebih dahulu dengan tiang sekunder (jantan) dibangun di antara tiang primer (betina) setelah tiang pancang tersebut mendapatkan kekuatan yang cukup.

Tumpukan tumpukan biasanya dalam urutan 3 inci (8 cm). Pada dinding timbunan yang bersinggungan, tidak ada tumpukan yang tumpang tindih karena tumpukan dibangun sejajar satu sama lain.

Aplikasi Besi WF Balok Struktural

Balok sayap lebar berguna dalam aplikasi cofferdam sebagai waler dan sistem penguat. Mereka memungkinkan beban jangkar untuk ditransfer ke tumpukan tentara di dinding atau memungkinkan distribusi yang sama di seluruh dinding tumpukan lembaran. Tumpukan diletakkan di dinding dan dilas atau dibaut ke bagian baja utama dinding.

Aplikasi seperti garis potong dan dinding tiang singgung menggunakan balok flensa lebar untuk memungkinkan beton mengalir bebas dan mengurangi rongga. Dinding tiang potong dan tiang singgung dibentuk dengan membangun tiang beton yang diperkuat dengan balok baja berflensa lebar atau batang baja.

Dinding garis potong memiliki tumpukan yang tumpang tindih, biasanya dalam kisaran tiga inci. Dinding tiang bersinggungan tidak saling tumpang tindih dan dibangun sejajar satu sama lain. Baik dinding garis potong dan tiang singgung digunakan untuk dinding penahan, dinding pondasi, atau dinding potong.

Untuk dinding yang lebih kuat atau kaku, kontraktor menggunakan balok flensa lebar sebagai tiang pancang dengan kombinasi tiang pancang. Aplikasi dinding balok-z menggunakan konektor yang dilas ke ujung sayap balok untuk membuat komponen sambungan antara tiang pancang dan tiang pancang.

Spesifikasi Standar Besi WF

ASTM International adalah organisasi global yang menyediakan panduan standar untuk produsen produk dan pengguna baja serta variannya. Organisasi menyediakan edisi terbaru dari publikasi yang penting dalam klasifikasi, evaluasi, dan spesifikasi jenis baja. Produsen menggunakan informasi yang spesifik

Dalam aplikasi balok dan tiang atau tiang pancang tentara, tiang baja flensa lebar ditempatkan secara berkala selama konstruksi. Tumpukan flensa lebar dapat dibor atau dipaksa masuk ke dalam tanah.

Dinding suara dan penglihatan adalah dinding non-struktural yang dirancang untuk memberikan penghalang penglihatan dan polusi suara antara jalan raya dan area perumahan atau komersial. Balok struktural berguna sebagai tiang atau pondasi tiang.

Pekerjaan palsu adalah aplikasi untuk jembatan dan struktur lainnya. Ini terdiri dari balok sayap lebar, balok tiang H, dan bagian baja lainnya. Pekerjaan palsu digunakan sebagai struktur sementara untuk menopang dalam konstruksi bangunan abadi.

Refrensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Baja

https://id.wikipedia.org/wiki/Besi

https://hargabangunan.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top